Strategi Promosi Untuk Meningkatkan Penjualan
BAB I
I. LATAR BELAKANG
A. Latar Belakang MasalahDewasa ini, banyak perusahaan – perusahaan maju yang ingin menambah lini usahanya ke berbagai Negara dengan tujuan mendapatkan laba sebesar- besarnya ,namun untuk memperkenalkan produk mereka tidaklah mudah dikarenakan banyaknya pesaing dan proses adaptasi yang cukup memakan waktu .Oleh karena itu ,banyak asumsi para manajer perusahaan tentang cara paling efektif dalam memasarkan produknya dari perusahaan yaitu dengan cara promosi.Cara ini sangatlah efektif akan tetapi banyak jenis dari promosi yang dapat langsung diterima dan ada juga yang tidak diterima , maka dari itu banyak hal- hal yang harus diperhatikan perusahaan dalam menuntukan jenis promosi apa yang tepat untuk menembus pangsa pasar (market share) yang dituju.
BAB II
Media Promosi Dan Macam – Macamnya
Dalam hal ini yang paling dominan atau yang sangat menentukan adalah teknologi.Dimana teknologi ini sangat berpengaruh kepada masyarakat luas, contohnya berdasarkan pendapat Philip kotler yaitu ada tiga jenis media yang selalu digunakan dan selalu ada dalam alur hidup manusia seperti televisi, internet, dan telephone.Pada dasarnya rata-rata manusia menggunakan media komunikasi selama:
A. 02:00 jam/hari untuk televisi
B. 01:30 jam/hari untuk internet
c. 01:00 jam/hari untuk telephone
Dengan melihat data tersebut maka dapat menentukan media apa yang cocok untuk memasarkan produk yang akan dipasarkan.
I. Televisi (tv)Media ini sangat efektif, karena hampir setiap orang memilikinya. Namun melakukan promosi melalui media ini biayanyapun tidak murah.Contohnya pengenalan produk dengan menggunakan iklan ditelevisi.Dengan menggunakan televisi, para konsumen akan lebih mudah mengenal dan mengingat produk yg perusahaan pasarkan.Oleh karenanya, biasanya sebuah perusahaan selalu membuat iklan dengan animasi yang menarik dan dengan kata-kata yang mudah diingat oleh para konsumen.Maka dari itu setiap perusahaan yang menggunakan media ini sangatlah hati-hati akan isi dari promosi yang disampaikan.
II. InternetMedia ini sangat “in” di kalangan executive, dimana mereka sangat haus akan informasi.Oleh karena itu banyak perusahaan yang mengambil opportunity dari media ini.Karena melalui media ini, kita tidak hanya mengenalkan produk
perusahaan di dalam negeri.Akan tetapi dengan jasa media internet yang sifatnya internasional kita akan lebih mudah mengenalkan produk perusahaan kepada para konsumen diluar Negara kita.Media ini sangat cocok dipakai oleh perusahaan yang ingin”Go International”.Namun dengan media internet tidak semua kalangan dapat menggunakan dan melihat produk yang perusahaan pasarkan.Karena tidak seperti media televisi yang setiap orang memilikinya, media internet hanya bisa dipakai oleh sebagian orang saja.
III. TelephoneBiasanya hanya sedikit perusahaan yang menggunakan atau mengadopsi konsep ini karena sedikit memakan waktu. Karena menggunakan media telepon lebih bersifat relasi yang maksudnya perusahaan mengenalkan dan memasarkan produknya melalui “man to man”.
BAB III
Jenis – Jenis Promosi
A. IklanIklan adalah bentuk komunikasi satu arah yang bertujuan untuk menyampaikan atau memberikan informasi secara langsung dan menyeluruh. Hal ini adalah cara yang sangat tepat untuk melakukan promosi, dimana tidak banyak memakan waktu namun cukup memakan banyak biaya per durasi. Biasanya perusahaan akan sangat memperhitungkan strategi ini, karena produk yang dikeluarkan oleh setiap perusahaan memiliki siklus umur yaitu:
1. Tahap Perkenalan
2. Tahap Pertumbuhan
3. Tahap Kemapanan
4. Tahap Pemerosotan
Dengan adanya hal tersebut diatas maka, perusahaan akan mengambil konsep seperti apa yang akan digunakan demi dikenalnya produk yang dipasarkan ke masyarakat luas. Contohnya Honda dimana saat di perkenalkannya melalui iklan sangat besar-besaran(penetrasi pasar) namun setelah mendapatkan positioning di masyarakat mereka masih tetap menggunakan media iklan namun konsepnya hanya sekedar pengingat. Pada dasarnya iklan mempunyai sifat seperti:
a). Information (informasi)
b). Persusif (mengajak)
c). Pengingat
B. Penetapan HargaBiasanya pada tahap awal perkenalan produk, cara pertama yang dilakukan adalah penetapan harga dimana perusahaan akan memberikan harga murah yang bertujuan untuk menarik simpati konsumen dengan itu semua maka produk yang ditawarkan akan mendapatkan posisi di konsumen setelah itu barulah mulai sedikit demi sedikit menaikan harga untuk menyesuaikan budget perusahaan.
C. Promosi PersonalPromosi personal adalah suatu cara atau metode promosi dengan memberikan sampel produk kepada konsumen yang bertujuan untuk menciptakan experience (pengalaman) akan produk yang di pasarkan. Contohnya, toko roti yang pertama kali buka mereka akan membagi – bagikan sampel roti untuk konsumen mencoba dan berkeputusan untuk membeli.
D. Program Pembelian
Strategi promosi ini biasanya digunakan oleh perusahaan yang bergerak pada bidang ritail. Contohnya, sebagian dari pasar swalayan dan paritel terbesar negeri ini, misalnya, dalam bisnis keanggotaan mereka: metro departemen store dengan metro yours card (myc), matahari departemen store dengan matahari club card (mcc) yang saat ini digemari para pemasar, sebenarnya bukan strategi baru, hanya saja strategi ini menjadi popular pada era layanan pribadi saat ini dan diakui sebagai perangkat yang efektif dalam meningkatkan laba perusahaan melalui “memanjakan pelanggan”, yang merupakan kunci kepuasan dan, akhirnya, loyalitas pelanggan.selain itu juga program pembelian yang contohnya seperti buy 2 get 1 free, gwp (gift with purchase).Yang pada akhirnya adalah
system yang sudah diperhitungkan contohnya buy 1 get 1 free yang dalam logikanya adalah sama dengan disc 50%.
BAB IV
Inti Dari Pemasaran
Kata kunci pemasar adalah: kualitas, layanan, dan nilai.Inti dari dunia pemasar adalah pembeli, dan bukan penjual.Pemasaran tidak hanya dapat digunakan oleh organisasi laba, tetapi juga organisasi nirlaba seperti museum, lembaga keagamaan, badan amal, dan sebagainya yang ingin ,mengundang klien, relawan dan dana.Dari itu semua tujuan pemasaran adalah:
1. menjual apapun produk perusahaan pada siapapun
2. untuk menciptakan produk yang memenuhi kebutuhan yang sudah jelas dari pasar sasaran yang jelas pula.
3. tujuan filosofisnya adalah untuk meningkatkan standar kehidupan dan kualitas hidup di dunia.
BAB V
Diferentsiasi Antara Puas Dengan Senang
Pada intinya promosi adalah proses pengenalan dari subyek ke obyek tertentu. Tapi sayangnya banyak produk yang muncul namun banyak pula yang hilang begitu saja, bisa disebut juga “Easy Come Easy Go” karena lebih terfokus pada kepuasan saja dan tidak memikirkan kesenangan konsumen.Jika kepuasan saja, pada saat promosi konsumen akan dapatkan akan tetapi setelah promosi kemana rasa loyal mereka terhadap produk.Maka dari itu, kesenangan adalah kunci utama yang paling penting pada tahap awal promosi, karena akan membuat mereka merasa loyal terhadap produk dan akan menjadi pilihan pada saat sesudah promosi.
BAB VI
Hal-Hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Mempromosikan Produk Ke Konsumen
Bila dalam memainkan suatu permainan atau game maka pertama kali yang akan muncul adalah rule dari permainan tersebut, sama dengan mempromosikan produk, ada hal-hal yang harus diperhatikan, seperti:
a) Target market seperti apa yang akan dituju?Kebawahkah, menengahkah, atau keatas.
b) Mutu atau kualitas seperti apa yang dimiliki produk.
c) Kemasan atau tampilan seperti apa yang digunakan.
d) Pelayanan seperti apa yang diberikan.
e) Difrensiasi dari produk lain.
f) Keuntungan seperti apa yang diberikan.
g) Manfaat/fungsi produk bagi konsumen.
h) Kelengkapan dari produk.